Selasa, 15 Mei 2012

Tingkatkan Hasil Panen Padi dengan Sistem Tanam Legowo


 Salah satu upaya yang dapat ditempuh petani untuk meningkatkan hasil panen padinya adalah dengan cara sistem tanam legowo.
Teknologi legowo dilakukan dengan membuat lorong-lorong pada barisan tanaman padi untuk memanfaatkan pengaruh barisan pinggir tanaman padi.

Dengan sistem legowo, tanaman padi tumbuh lebih baik dan hasilnya lebih tinggi karena luasnya pengaruh barisan pinggir dan lorong di petakan sawah sehingga menghasilkan bulir gabah yang lebih bernas.
Peningkatan hasil tersebut karena setiap rumpun seolah-olah berada di pinggir petakan sehingga memberikan kondisi yang sama pada setiap tanaman padi untuk mendapatkan ruang dan sinar matahari secara optimum.
Sistem tanam legowo dapat dilakukan dengan legowo 2 :1  atau legowo 4 :1 dengan jarak tanam 25 x 12,5 x 50 cm. Pada cara tanam jajar legowo 2:1, semua maupun tanaman seolah-olah berada pada barisan pinggir pematang, sedangkan pada cara tanam jajar legowo 4:1, separuh tanaman seolah berada pada bagian pinggir pematang.
Keuntungan Penggunaan Sistem Legowo

·        Pemberian pupuk pada cara tanam legowo juga lebih efektif karena distribusi pupuk lebih merata dan langsung ke pertanaman. Pupuk hanya diberikan pada lorong kecil di antara barisan tanaman sehingga pertumbuhan tanaman serta hasil dan kualitasnya lebih baik.
·           Lorong yang lebih lebar pada sistem legowo memudahkan dalam pelaksanaan pemupukan, 
         penyiangan, dan pengendalian hama penyakit,

·           Pertumbuhan padi lebih baik, karena sirkulasi udara yang masuk ke celah-celah tanaman cukup lancar, sehingga tanaman padi memperoleh intensitas sinar matahari yang memadai sehingga kemampuan akar untuk menyerap unsur hara  atau pupuk meningkat
·         Sistem tanam Legowo memungkinkan untuk dilakukan mina padi

·    Dengan sistem tanam Legowo serangan tikus dapat dikurangi, karena tikus relatif tidak suka di tempat-tempat yang agak terang. Hasil pengamatan di lapangan sistem tanam non-Legowo lebih dahulu diserang oleh tikus dari pada sistem tanam Legowo.

·    Mengurangi serangan hama wereng coklat dan wereng hijau karena wereng suka tempat yang terlindung dari matahari
·    Jumlah tanaman padi meningkat sampai 33 % per hektar.

·     Meningkatkan hasil panen padi 12-22 %.

Diposkan oleh : Agung NK, Penyuluh WKP Bahagia Padang Gelugur

1 komentar:



  1. Btw, bagi yang suka teknologi terutama teknologi masa depan, kami punya artikel segar nih.

    10 Alat Pertanian Tercanggih di Dunia, No 5 kamu pasti tau nih

    https://agrositex.blogspot.com/2020/04/10-alat-pertanian-tercanggih-di-dunia.html

    BalasHapus