Selasa, 15 Mei 2012

Dosis Pemupukan Padi Sawah Spesifik Lokasi Wilayah Tanjung Aro I Pasaman Sumbar


Latar Belakang


Pemupukan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi petani padi sawah. Umumnya petani di Tanjung Aro I memberikan pupuk dengan takaran yang tidak seimbang, dan tidak sesuai dengan kebutuhan tanaman padi.

 Pemupukan tanaman padi harusnya mengacu pada keseimbangan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman padi  berdasarkan sasaran tingkat hasil yang ingin dicapai, dan ketersediaan unsur hara dalam tanah.

 Mengingat beragamnya kondisi kesuburan tanah antara satu lokasi dengan lokasi lainnya maka dosis dan jenis pupuk tentu akan berbeda pula untuk masing-masing lokasi tersebut.  Oleh karena itu pemupukan tanaman Harus mengacu pada rekomendasi pemupukan spesifik lokasi.

 Penentuan Dosis Pupuk Spesifik Lokasi

Pupuk untuk tanaman padi sawah perlu diberikan dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tanaman dan tingkat kesuburan tanah yang didapatkan melalui uji tanah. Penetapan dosis pupuk berdasar uji tanah membutuhkan data status N,P,dan K tanah yang ditetapkan sebelum mulai tanam.

Dengan diketahuinya status hara tanah, jumlah pupuk yang dibutuhkan tanaman untuk mencapai produksi optimal, dapat dihitung.Untuk maksud tersebut, Balai Penelitian Tanah telah mengembangkan Perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS) yang bermanfaat untuk menetapkan status hara tanah dan rekomendasi pupuk untuk padi sawah.

Rekomendasi Pemupukan Spesifik Lokasi Padi Sawah Daerah Tanjung Aro I

Pada tahun 2011, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sumbar telah melakukan uji tanah sawah di daerah Tanjung Aro I dengan menggunakan perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS) dan analisa laboratorium untuk menentukan dosis pemupukan spesifik lokasi padi sawah di Tanjung Aro I dengan hasil berupa rekomendasi pemupukan untuk Tanjung Aro I yaitu :
 
Jenis Pupuk
0 - 1 Minggu
Se telah Tanam
3 Minggu Setelah Tanam
5 - 6 Minggu
Setelah Tanam

NPK (Phonska)
250 Kg/Ha
-
-
-
KCL
40 Kg/Ha
-
Bila Perlu
-
Urea
-
50 Kg/Ha
(Berdasarkan Bagan Warna Daun)
50 Kg /Ha
(Berdasarkan Bagan Warna Daun)
-

 Diposkan oleh : Agung NK, Penyuluh WKP Bahagia Padang Gelugur

3 komentar: